Syarat dan Ketentuan Hewan Qurban Yang Bisa Disembelih

Category : Editorial
syarat hewan qurban

Image credit: halomoney.co.id

Di tanggal 10 Dzulhijah seluruh umat muslim akan merayakan hari raya idul adha. Ibadah di hari raya Idhul Adha akan dilaksanakan dengan menyembelih hewan qurban. Ketika tanggal 10, 11, 12 dan 13 zulhijjah yang merupakan hari tasyrik para umat muslim akan melakukan penyembelihan hewan qurban dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT. Sebelum datangnya hari raya Idul Adha masyarakat muslim sebaiknya mempersiapkan hewan kurban untuk ibadah penyembelihan hewan. Maka sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui syarat dan ketentuan hewan kurban yang sah berdasarkan ajaran agama Islam.

Kriteria hewan yang digunakan untuk berkurban yaitu  terdiri dari kriteria keabsahan dan sunah.  Keabsahan hewan kurban bisa kita lihat dari sifat yang telah dimiliki oleh hewan itu sendiri.  Dimana akan ada ketentuan mana yang sah dan mana yang tidak sah untuk digunakan sebagai hewan kurban,  seperti jenis hewan yang dapat digunakan untuk kurban. Selain itu bisa juga dilihat dari keutamaan hewan tersebut jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Syarat dan ketentuan hewan qurban sangat penting untuk diketahui agar ibadah idul adha kita bisa terlaksanakan dengan sempurna.

Syarat dan Ketentuan Hewan Kurban

kambing kurban idul adha

Image Credit: dimasfan.com

Jenis Hewan Qurban Yang Diperbolehkan

Syarat hewan qurban yang harus Anda ketahui pertama kali yaitu jenis hewan yang diperbolehkan untuk berqurban berdasarkan syariat Islam. Hewan yang memenuhi syarat untuk ibadah qurban yaitu hewan ternak (bahimatul an’am). Hewan ternak yang bisa untuk ibadah qurban diantaranya yaitu unta, sapi, kambing dan juga kambing atau domba.

Status Kepemilikan Hewan

Setelah tau tentang jenis hewan yang diperbolehkan, syarat dan ketentuan yang berikutnya yaitu mengenai status kepemilikan  atau dari mana kita memperoleh hewan tersebut. Hewan yang memenuhi syariat yaitu hewan ternak yang didapatkan dengan cara yang halal dan dimiliki dengan cara yang halal. Dan hewan tersebut juga bukan termasuk hewan curian atau hewan yang bisa diperolaeh dengan uang yang haram, seperti riba misalnya. Sebab Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa , “Sesungguhnya Allah itu Maha Baik, dan tidak menerima kecuali yang baik…” (HR. Muslim)

Kondisi Fisik dan Kesehatan Hewan

Hewan yang sah untuk diqurbankan yaitu hewan yang tidak cacat. Sedangkan untuk 4 cacat tersebut yaitu salah satu matanya ada yang buta, hewan tersebutsakit, hewan yang pincang dan keempat adalah hewan yang sangat kurus. Sedangkan untuk syarat sah pemilihan hewan qurban antara lain:

  1. Badannya tidak kurus kering
  2. Tidak sedang hamil atau habis melahirkan
  3. Kakinya tidak pincang
  4. Matanya normal, sehat
  5. Badannya sehat
  6. Telinganya utuh tidak terpotong

Usia Hewan Qurban

Untuk kriteria umur hewan yang akan digunakan untuk berqurban yang sah yaitu:

  • Unta Genap 5 tahun, masuk tahun keenam
  • Sapi usia genap 2 tahun, masuk tahun ketiga
  • Kambing Genap 1 tahun, sudah memasuki tahun kedua
  • Domba Genap 6 bulan, masuk bulan ketujuh

Qurban Individu atau Patungan

Qurban dapat  dilaksanakan dengan cara patungan atau dengan cara individu, sesuai dengan keadaan ekonomi masing-masing.Akan tetapi ada ketetapan batas maksimal jumlah peserta dalam satu rombongan.  Apabila yang dikurbankan  adalah hewan unta,  maka dalam satu rombongan maksimal sebanyak 10 orang. Dan apabila yang diqurbankan adalah hewan ternak berupa sapi, maka maksimal dalam satu rombongan adalah sebanyak  7 orang. Dan jika ingin berkurban dengan kambing, maka hanya boleh dilakukan oleh individu dan tidak dapat dilakukan dengan secara rombongan/patungan.

 

Leave a Reply