Tips Ampuh Cara Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami

toothache
Sariawan sering kita alami tanpa kita kehendaki. Penyakit ini tentunya menghambat aktivitas sehari-hari. Rasa sakit secara terus menerus membuat kita sulit untuk berkonsentrasi. Penyebab sariawan yang paling umum biasanya karena daya tahan tubuh melemah, kekurangan vit B12 atau juga asam folat, serta disebabkan karena infeksi bakteri atau virus.Terkadang, perubahan hormon tubuh seperti saat menstruasi atau pada kehamilan juga bisa menyebabkan sariawan muncul.
Namun jangan khawatir, kita bisa menangani penyakit sariawan ini dengan bahan-bahan yang mudah didapat disekitar kita. Berikut cara cepat atasi sariawan membandel dengan berbagai pilihan obat alami untuk sariawan:
1. Konsumsi Madu

Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang sangat membantu mengurangi rasa perih sekaligus berfungsi untuk mempercepat proses pemulihan sariawan. Fakta tersebut didapat dari sebuah penelitian asal Saudi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada luka sariawan di mulut mereka selama empat hari secara berturut-turut.

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur air garam selama kurang lebih 1 sampai 2 menit menit dapat meredakan luka sariawan tanpa obat. Garam juga memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan Anda berkembang semakin parah. Garam juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain berfungsi sebagai obat sariawan alami, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Untuk membuatnya pun cukup mudah, cukup tambahkan satu setengah sdt garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata lalu kemudian kumur-kumur air di dalam mulut. Namun jangan ditelan. Segeralah buang setelah selesai berkumur dan bilas dengan meminum air putih. Ulangi berkumur air garam tersebut untuk beberapa kali dalam sehari sampai sariawan terlihat menebal dan rasa sakit berkurang.

3. Kelapa

Kelapa diyakini bisa menjadi obat sariawan di lidah ataupun di bibir. Kelapa bekerja  untuk mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus juga untuk mengurangi rasa sakit yang timbul karena sariawan. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu badan, yang untuk beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sakit sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu kemudian oleskan ramuan pada luka sariawan Anda. Lalu ulangi sebanyak 3 sampai 4 kali sehari, sampai sariawan mulai nampak sembuh.

Walaupun banyak obat sariawan alami yang bisa gunakan, namun mari kita jaga kesehatan mulut dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari, agar sakit sariawan tidak datang lagi. Selamat Mencoba!

Related Posts

Leave a Reply