Beragam Jenis Makanan Untuk Mencerdaskan Anak

makanan untuk mencerdaskan anak

 

Jenis Makanan Untuk Mencerdaskan Anak. Masa pertumbuhan untuk seorang anak, butuh asupan gizi yang cukup untuk aktifitasnya sehari hari, tentunya hal ini harus dilakukan untuk menunjang kecerdasan otak anak yang masih dalam taham perkembangan. Jenis dan nutrisi makanan untuk mencerdaskan anak yang dikonsumsi sehari hari seperti vitamin dari buah atau sayuran, karbohidrat, protein, dan masih banyak lagi, harus dipenuhi untuk masa tumbuh kembangnya si anak.

Tentunya para orang tua menginginkan anak yang cerdas dan sehat. Dengan melengkapi nutrisi dari asupan makanannya, anda dapat memberikan support yang positif terhadap tumbuh kembangnya. Dukungan dari orang tua, serta llingkungan yang positif juga dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak dalam bersikap dan berperilaku sopan serta santun di dalam tumbuh kembangnya.

Kembali lagi dengan topik jenis makanan untuk mencerdaskan anak, yang dapat anda berikan pada masa masa pertumbuhannya. Umumnya, usia pertumbuhan seorang anak dimulai pada umur 0 – 5 tahun, yang kita kenal dengan masa keemasan seorang anak, dimana anak akan menirukan tingkah dan perilaku yang ia lihat dari orang orang disekitarnya. Jadi pada masa masa tersebut, anda sebagai orang tua harus memperhatikan betul asupan gizi serta perilaku yang dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya si anak agar bisa diterima dengan baik.

Makanan untuk Mencerdaskan Anak

Konsumsi berbagai jenis sayuran merupakan salah satu kriteria jenis makanan untuk mencerdaskan anak, karena sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang diperlukan untuk perkembangan otak. Beberapa sayuran juga memiliki khasiat tertentu yang dapat anda olah seperti misalnya sayuran :
  • Paprika merah, wortel, dan brokoli, yang mengandung beta karoten dan kalsium, serta magnesium dan zat besi yang dapat menguatkan metabolism tubuh si anak
  • Bawang Bombay yang memiliki kandungan antoxantin yang dapat melindungi anak dari radikal bebas
  • Tomat juga berguna karena mengandung likopen yang berfungsi melindungi selaput otak
  • Bayam serta sayuran hijau lainnya juga berfungsi untuk meremajakan sel sel yang terdapat dalam otak dan mengandung antioksidan yang tinggi dan bagus untuk pertumbuhan anak.

Baca juga: Cara Mengatasi Bayi Cegukan dengan Mudah

Seperti sayuran yang memiliki beragam warna serta khasiat, buah juga memiliki beberapa manfaat yang bisa menjadi piilhan mencerdaskan serta memberikan kesehatan pada anak. Buah juga memiliki beberapa kandungan yang dapat dikonsumsi oleh siapa saja, baik tua maupun muda, karena efeknya bersifat universal. Contoh buah yang berfungsi sebagai makanan untuk mencerdaskan anak, adalah seperti sebagai berikut :
  • Alpukat, mengandung beta karoten, vitamin C dan E, dan lemak tak jenuh yang bagus untuk tumbuh kembang si anak
  • Jambu biji juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk kekebalan tubuh si anak serta meningkatkan metabolisme anak anda.
  • Papaya yang mengandung enzim papain yang berfungsi untuk mencerna protein di dalam tubuh dengan baik, serta mengandung vitamin C.
Segala macam jenis buah buahan diatas merupakan pilihan makanan untuk mencerdaskan anak yang masih dalam masa tumbuh kembang dan buah buahan tersebut memiliki rasa yang enak dan segar. Demikian lah beberapa jenis makanan untuk mencerdaskan anak yang dapat anda berikan kepada anank anda yang masih dalam kategori usia golden age, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, kurang lebihnya kami mohon maaf.

Related Posts

Leave a Reply