Faktor Penyebab Penyakit Asma

Faktor Penyebab Penyakit Asma

Faktor Penyebab Penyakit Asma

 

Faktor Penyebab Penyakit Asma. Gejala asma adalah kondisi dimana  saluran pernapasan pada bagian bronchial paru-paru menyempit yang membuat penderita terkadang mengalami kesulitan bernafas. Penyebab penyakit asma ini muncul karena beebrapa faktor. Seringkali asma muncul secara tiba-tiba atau bisa juga karena faktor lain yang bisa memicu  serangan asma.

Kondisi ini tentu akan sangat menggangu bagi penderitanya. Terkadang si penderita mengalami batuk, nafas tersengal-sengal, sesak nafas yang kadang mengeluarkan bunyi saat mengambil nafas. Penyakit asma belum bisa disembuhkan hingga total, namun masih bisa dikurangi jika kita tahu penyebab yang bisa memicu timbulnya penyakit ini. kebersihan lingkungan juga penting.

Untuk penyebab penyakit asma secara pasti masih belum bisa diketahui secara medis. Penderita penyakit ini akan sangat peka terhadap polusi udara, emosi yang terganggu, atau beberapa faktor lain yang bisa menggangu pernafasan. Namun gejala asma ini bisa dikurangi jika penderita bisa mengerti faktor yang menyebabkan serangan asma muncul. Ada juga peenyebab lain seperti tersumbatnya saluran pernafasan karena adanya ledir kental yang menyebabkan penderita sulit untuk mengeluarkan nafas, namun masih bisa menarik nafas.

Penyebab Penyakit Asma

  1. Keturunan atau Bawaan
    Penyakit asma biasanya muncul karena faktor keturuanan. Jika ada anggota keluarga mengalami asma, kemungkinan besar keturunannya juga akan mengalaminya. Penyakit ini tidak menular, tetapi menurun.
  2. Udara Dingin
    Suhu yang terlalu dingin bisa memicu timbulnya serangan jantung. Hujan, AC dengan suhu yang sangat dingin dan daerah pegunungan menjadi faktor pemicunya.
  3. Makanan
    Makanan juga bisa menjadi faktor penyebab munculnya serangan asma. Kadar MSG dan pengawet tinggi pada makanan harus dihindari oleh penderita penyakit asma.
  4. Faktor Lingkungan
    Lingkungan kotor, berdebu dan berasap menjadi awal timbulnya penyakit asma. Paru-paru bisa terganggu karena debu atau asap yang ada. Maka dari itu jagalah kebersihan lingkungan dari debu dan kotoran juga asap. Pola hidup sehat juga sangat perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai macam penyakit.
Untuk mengantisipasi penyakit asma yang bisa muncul secara tiba-tiba, maka penderita asma harus sedia obat dimana pun dan kapan pun. Inhaler merupakan obat asma dalam bentuk aerosol yang digunakan dengan cara menghirupnya melalui mulut. Inhaler bisa bekerja cepat sehingga nafas bisa kembali lega, namun hindari penggunakan secara terus menerus karena bisa menimbulkan efek samping seperti pusing, kerja jantung meningkat dan gemetar.
Namun jika penyebab penyakit asma sudah diketahui, maka penderita bisa menghindari kemungkinan timbulnya penyakit asma secara tiba-tiba. Demikian informasi tentang faktor penyebab munculnya serangan asma. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan tetaplah menerapkan pola hidup yang sehat. Baca juga Cara merawat kulit dengan benar.

Related Posts

Leave a Reply